Tuesday, April 24, 2018

Cara Mencari Posisi Top Kompresi Mesin Motor 4 tak-lukmannuel

Syarat-syarat motor bisa hidup
Assalamualaikum wr.wb
Syarat Engine sepeda motor agar bisa hidup dengan normal itu ada beberapa syarat penting yang harus diperhatikan yaitu ;
  1. Adanya asupan bahan bakar yang baik : Bahan bakar dari tangki bahan bakar sampai mengalir ke ruang bakar harus mengalir lancar. Dalam artian disaat bahan bakar dari tangki bahan bakar mengalir menuju ke ruang bakar melewati filter bahan bakar lalu masuk ke dalam karburator kemudian diolah oleh karburator lalu masuk ke dalam ruang bakar harus berupa campuran udara dan bahan bakar dengan perbandingan ideal 15:1.
  2. Adanya letikan Bunga Api : disaat busi meletikkan bunga api harus tepat sesuai pada saat beberapa derajat sebelum TMA(titik mati atas) diakhir langkah Kompresi. 
  3. Adanya kompresi yang baik : untuk mengecek besarnya kompresi bisa menggunakan alat kompresion gauge dengan spesifikasi masing masing kendaraan, atau bisa menggunakan jari untuk mengetahuinya.
  4. Top kompresi harus tepat : Apabila magnet diputar dan disesuaikan dengan tanda penyesuai, tanda pada gear Noken As dan tanda pada Magnet harus sesuai dengan tanda penyesuai.
  5. Pemasangan komponen harus benar : Karena bisa saja kesalahan pada saat pemasangan komponen terbalik itu dapat menyebabkan motor tidak bisa hidup contoh ; salah pemasangan skep karburator, pemasangan ADS dll.

Cara menentukan Top kompresi

Khususnya pada motor 4 tak kita harus tau ciri-ciri top kompresi dan bagaimana cara menentukan top kompresi pada motor 4 tak berikut caranya;
  • kita buka terlebihdahulu penutup Katup IN, penutup lubang magner, penutup lubang navor, dan penutup gear noken as. 
  • kita putar magnet kearah depan dengan memperhatikan terlebih dahulu pelatuk IN bergerak turun lalu naik lagi setelah itu tetap memutar magnet lalu perhatikan pada lubang navor sampai kelihatan tanda IT pada lubang navor.
  • dengan ciri-ciri : tanda IT pada magnet terlihat pada lubang navor, tanda pada noken as tepat pada tanda penyesuai.
  • kalu sudah seperti itu berarti motor kita sudah pada posisi top kompresi.
 Kegunaan top kompresi sendiri ialah berfungsi pada saat kita akan melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti penyetelan katup, penggantian rantai kamprat, penggantian spul, pembongkaran mesin keseluruhan dll.
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr. wb

iklan guys ..../!!!
ECO RACING PELUANG BISNIS PENGHEMAT BBM UP TO 50%
Gabung bisnis eco racing bisnis berkah No Riba, dengan modal 1,6jt anda berbelanja ke PT. Best Sinergi Bandung serta bergabung menjadi agen Sinergi Eco Racing. Di Sinergi eco racing anda bisa mendapatkan reward dari PT. Best Eco racing berupa Mobil Mobilio cash, Pajero Sport cash, Rumah 1M Cash tanpa bunga Tanpa Angsuran. website https://www.sinergy-world.com/
Info/daftar : 081901627599

No comments:

Post a Comment

Cara Menyetel Kopling Otomatis - Lukmannuel Blogspot

Cara Menyetel Kopling Otomatis Pada Speda Motor Assalamualaikum wr.wb Berikut cara menyetel kopling otomatis speda motor khususnya pa...