Thursday, April 19, 2018

Cara menyetel klep (Valve) speda motor 4 tak (langkah)-lukmannuel

 

       cara menyetel klep Motor 4 tak(langkah) tidak begitu sulit asalkan kita mau belajar dan terus mencoba tanpa bosan dan putus asa selalu berdoa hehehe. Nama klep sendiri dalam dunia otomotif ada beberapa sebutan yaitu : Katup, Klep, dan valve terserah kalian mau pilih yang mana. langsung saja sebelum kita menyetel katup motor 4 tak kita siapkan terlebih dahulu alat - alat yang akan kita butuhkan untuk penyetelan sebagai berikut :
  • Fuller gaug  : untuk menyetel celah katup
  • kunci Ring   : untuk mengendorkan dan mengencangkan mur katup, ukuran kunci yang                                    digunakan sesuai kebutuhan ( 8,9,10,11)
  • Kunci T       : untuk memutar magnet , kunci sesuai kebutuhan
  • Kunci Ajusting klep : untuk memutar dan menahan baut klep
  • Kunci Ring 17 : untuk membuka baut lubang pengitai tanda magnet (lubang Navor)
setelah kita siapkan alat-alatnya selanjutnya adalah penyetelan katup berikut langkah -langkahnya;
  1. Buka penutup katup in dan ex
  2. Buka lubang baut Magnet dan penutup gear noken AS
  3. Buka baut lubang pengintai tanda magnet ( lubang navor)
  4. Selanjutnya kita putar magnet ke kiri menggunakan kunci T untuk motor transmisi manual sedangkan untuk motor Matic kita harus memutar ke kanan karena magnet ada di sebelah kanan. Kenapa harus begitu karena kebanyakan motor sekarang sudah memakai ADS jika kita salah memutar ADS akan langsung bekerja akibatnya dapat merusak fungsi ADS. OK sekarang kita lanjutkan memutar magnet sampai langkah kompresi dengan tanda-tanda saat magnet diputar katup in bergerak turun lalu naik lagi, setelah itu magnet tetap diputar sampai tanda IT tepat terlihat pada lubang navor/ tepat dengan tanda penyesuai (posisi top kompresi).dan tanda gear noken as tepat dengan tanda penyesuai.
  5. setelah seperti itu kita cek dengan menggerakkan katup in dan ex dua duanya harus kocak.
  6. selanjutnya kita masukkan fuller gauge kedalam celah katup dengan ukuran sesuai spesifikasi motor yang akan kalian stel : untuk ukuran motor dengan cc dibawah 100cc kita menggunakan ukuran fuller gauge 0,05mm, untuk motor sport seperti gl dan sejenisnya ukuran 0,08mm, dan untuk motor dengan cc 150 ke atas menggunakan fuller ukuran 0,1mm.
  7. untuk penyetelan katup In terlebih dahulu kita kendorkan terlebih dahulu mur katup lalu masukkan fuller gauge ke celah katup
  8. dan kencangkan baut katup lalu kencangkan mur katup dengan ciri ciri apabila fuller gauge di tarik seret, dan apabila didorong fuller melengkung. apabila sudah seperti itu berarti penyetelan sudah benar.
  9. satu lagi untuk penyetelan katup ex lebih dilonggarkan sedikit dari penyetelan katup in. Karena saluran buang (ex) harus lebih lebar dari saluran masuk(in)
  10. setelah selesai penyetelan kita pasang kembali semua dan nyalakan mesin apabila suara mesin tidak kasar berarti kita sudah berhasil, apabila suara mesin kasar kita ulangi lagi.
Sekian selamat mencoba semoga berhasil, dan terimakasih sudah mampir ke blog saya

No comments:

Post a Comment

Cara Menyetel Kopling Otomatis - Lukmannuel Blogspot

Cara Menyetel Kopling Otomatis Pada Speda Motor Assalamualaikum wr.wb Berikut cara menyetel kopling otomatis speda motor khususnya pa...